Jenis ayam hias indonesia beserta gambarnya

    Betapa di negri kita indonesia banyak sekali ragam ayam hiasnya,baik yang asli lokal maupun yang dulunya import dari luar negri.

   KATE
 Jenis ayam kate ini paling banyak sekeli ragamnya...ada kate lokal,kate serama(tema),serama,kate bersimbar,kate brewok,kate kaki ceper,kaki standar dan jg kate jerapah ato anti banjir.
Bagi penghobby kate yg paling di minati saat ini adalah kate yg kelas kontes, yaitu jenis kate lokal yg berperawakan gede bulat ekor rangkab,sukur mekar kepala di hiasi jengger super gede paruh di gantungi pial lebar yg menjuntai dan yg paling bergengsi saat ini adalah yg berkaki(ceker) tak lebih dari 3,5cm atau yg di sebut ceper.
  Sedang kate standar adalah kate yg berkaki kisaran 3,7cm-4,7cm,utk kedua kate ini harga juga lumayan fantastis dari 300rb-3jt rupiah,tergantung spek masing².
  Dan yg biasa di sebut kate jerapah adalh kate yg berkaki lbih dr 4,7cm,. Harga pun relatif sangat murah dari 60rb-300an rb,bahkan klo di peternak pelosok desa 60 rb sudah mendapat 1pasang indukan.
Kate.


CEMANI
Siapa yg tak kenal dengan ayam jenis ini.dialah ayam yg seluruh anggota badannya hitam semua ,cemani yg bagus adalah cemani yg seluruh anggota tubuhnya hitam legam,dari bulu,kulit tenggorokan ,kuku,paruh, dubur,bahkan sampai lidahnya,utk harga cemani grade A ini dri 5jt utk anakan sedang yg dewasa bisa mencapai 300jt bahkan lebih....tp klo yg lidah abu² harga jg masih sangt terjangkau,dgn 750rb sudah bisa mendapat sepasang indukan yg sudah produk.tapi jangan cari/tanya cemani yang darahnya hitam sebab dlm ilmu apapun saya belum pernah dengar ada sel darah hitam,yang ada ya sel darah putih atau sel darah merah.
Cemani


KAPAS/SILKIE

Ayam kapas adalah ayam yg mempunyai bulu halus lembut seperti kapas ,badan sebesar ayam kampung usia remaja namun anehnya jari kaki ada 5 tumbuh nyabang di jari kelingking/yang paling atas,kulit dan daging bahkan tulangnya pun agak kehitaman namun tak selegam cemani.
Warnanya pun ada yang putih,coklat kuning dan hitam.konon di negri asalnya china daging ayam silkie ini bisa/biasa utk terapi pengobatan terutama untuk ibu² yang habis melahirkan.menurut saya pribadi daging ayam kapas itu lebih gurih di banding daging ayam lainnya,makanya di negri asalnya banyak di temui di pasar² umum yg menjual dagingnya.
Sedang jenis ayam ini yang paling diminati adalah yg berbulu lebat,kepala njambul(kayak ayam mahkota)brewokan dan kaki bersimbar,tak ayal lagi banyak peternak yg mengcross mengawinkan silang dgn jenis lain utk mendapatkan yg sesuai dgn banyak peminatnya,
Harganya pun sangat terjangkau untuk indukan sepasang pd kisaran 350-650 tergantung speknya,

Kapas/silkie


BATIK KANADA DAN ITALI

Ayam jenis ini sangat menarik juga untuk jadi hiasan halaman rumah anda,selain warnanya yg unik dan kontras motifnya dia hanya berpostur kecil seperti ayam kate hanya saja kakinya lebih tinggi/jangkung.
Harganya pun tak begitu menguras kantong kita dgn 400-700 kita sudah bisa mendapatkan spasang indukan ayam jenis ini.batik kanada warna kuning emas dan hitam di ujung pinggir bulu²nya utk yg itali warna putih dan hitam.

Batik itali


POLAND/MAHKOTA

Jenis ayam satu ini sangat lucu,sesuai dgn namanya mahkota ayam ini mempunya bulu kepala yg sangat waww besar,ia berasal dari polandia entah sudah berapa tahun dia hidup di indonesia bahkan perkembangan ayam mahkota atau yg lbih akrab di sebut ayam jambul ini beberapa peternak telah mengcross dgn beberapa jenis ayam lainnya dan menjadi varian bentuk baru yg harganya pun waw...seperti polan berbulu walik ,polan gundul,bermotif itali kanada dll,harganya pun vareatif ,sepasng indukan  dng 700 rb pun annda sudah bisa mminangnya


Ayam mahkota



AYAM MUTIARA
     
      Ayam mutiara ini mempunyai badan yg agak bulat postur lebih kecil dri ayam kampung tp lebih besar dr ayam kate, dia bertelor setahun sekali waktu musim hujan saja,tp lumyan banyak jumlah nya bisa mencapai 40-60 tiap musimnya.
     
     Jantan betinanya pun sulit di bedakan dari bentuk fisiknya,hanya suara saja yg terdengar beda,yg jantan kayak suara rentetan tembakan tet tetettettetetetet sedang yg betina kayak bunyi orang memompa dgn pompa angin manual kuk kek kuk kek kuk kek...dan konon katanya kawinnya pun unik...si jantan dari kejauhan berlari dan cm kayak melompati si betina saja...
    
    Soal pilihan warna ayam mutiara yg umum/biasa totol blirik antara biru putih dan hitam,ada jg warna putih polos,plangkok dan lavender.
Harga spasang indukan kisaran 450-750 rb.
                             Putih...
                               Plangkok
                     Lavender dan plangkok

Biasa







Wahh ternyata udah letih nulisnya...kita sambung lain kali ya gan...rehat dulu...

Yang mau menghubungi/pesan langsung hubungi wa 085743355879 saya jg bisa atau kunjungihttps://www.facebook.com/iput.mahfudarifin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayam kate

Ayam kate